Sunday, January 5, 2014

Sumatra Utara (North Sumatra)

Sumatra Utara


Sumatara Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatra (Indonesia bagian Barat) dengan Medan sebagai Ibu Kotanya. Provinsi Sumatra Utara terdapat pada 1° - 4° LU dan 98° - 100° BT. Sedangkan luas daratan Provinsi Sumatra Utara berkisar hingga 72.981,23 Km².



Sumatra Utara terbagi oleh 8 kota (diantaranya : Medan, Binjai, Gunung Sitoli, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Sibolga, Tanjung balai, Tebing Tinggi) dan 25 kabupaten (diantaranya : Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu Utara, Langkat, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir) yang terdiri dari 325 kecamatan dan 5.456 kelurahan.



Dalam pengembangannya, Pemerintah terus membangun sarana dan prasarana dikota Medan. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan pada bidang transportasi Laut dan Udara dengan membangun juga mengembangkan Pelabuhan Belawan (Pelabuhan tingkat kelas utama yang bernaung dibawah PT. Pelabuhan Indonesia I) serta Bandara Kuala Namu (Bandara terbesar di Indonesia dan diseluruh Benua Asia) yang terletak dikota Medan.



Pelabuhan Belawan



Kuala Namu Airport


Selain Pelabuhan dan Bandara yang terdapat dikota Medan, juga ada Masjid Raya (Masjid Al-Mashun) dan Istana Maimun sebagai ikon kota Medan.



Masjid Raya - Medan

Istana Maimun

Sumatra Utara memiliki beragam Etnis antara lain Batak, Nias dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir timur pada umumnya dihuni oleh orang-orang Melayu. Pantai barat Barus hingga Natal banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyal dihuni oleh suku Batak. Suku Nias berada di kepulauan sebelas barat. Sejak dibukanya kebun tembakau di Sumatra Timur, pemerintah kolonial Hindia Belanda banyak mendatangkan pekerja kontrak yang dipekerjakan diperkebunan. Pendatang tersebut kebanyakan berasal dari luar Sumatra dengan etnis berbeda termasuk Tionghoa.


Banyak pula terdapat tempat-tempat menarik sebagai objek wisata yang menjadi sorotan para wisatawan untuk berkunjung ke wilayah Sumatra Utara, diantaranya seperti :


Danau Toba
***
Danau Lau Kawar
***
Danau Linting

***

Gunung Sinabung
***
Gunung Sibayak
***
Taman Nasional Gunung Lauser

***

Penangkaran Buaya Asam Kumbang

***

Air Terjun Sipiso-piso
***
Air Terjun (Telaga Dwi Warna)
***
GreenHill City

***

Mikie Funland
***

Pemandian Air Hangat Sidebuk-debuk
***
Bukit Lawang
***

Salju Panas Tinggi Raja
***


Tangkahan

***
Selain itu, sebenarnya masih buanyaaaaaak lagi tempat-tempat yang menarik yang menjadi objek wisata di Sumatra Utara. Dengan banyaknya objek wisata yang bisa Anda kunjungi dan mudahnya transportasi Laut dan Udara yang disediakan, Sumatra Utara menjadi tempat yang cocok untuk Anda menikmati Liburan. Dan bukan hanya itu saja, Sumatra Utara juga terkenal dengan wisata kulinernya, Anda bisa mencoba masakan khasnya terutama rasa Asin dan Super Pedaaaassssnya !?

Cobain yuuk ;)


No comments:

Post a Comment